Thursday, March 7, 2013

Sedikit Tentang Cydia

Sedikit Tentang Cydia - Setelah Anda membaca Artikel yang berjudul Penjelasan Tentang Jailbreak, Nah selanjutkan kita berkenalan dengan Cydia. Sebab Aplikasi Cydia ini adalah Aplikasi yang terinstall Di iOS setelah anda melakukan Jailbreak dan Dapat di Akses melalui icon di Springboard/ Home iPhone, iPad, iPod anda. 

Sedikit Tentang Cydia


Sebelum kita membahasa lebih dalam dengan Cydia, ada baiknya kita mengetahui siapa yang telah membuat Aplikasi ini. Namanya Jay Freeman Atau lebih di kenal sebagai Saurik, yang telah merilis Cydia Pada Bulan Maret Tahun 2008.  Beliau seorang Technology Consultant yang sudah menyelesaikan studi di University of California pada jurusan College of Creative Studies, dan sedang melanjutkan studi pada universitas yang sama di jurusan College of Engineering.

Nah kita sudah tahu siapa yang menciptakan Aplikasi yang keren ini. Berbicara tentang Cydia.
Cydia itu terbagi menjadi 2 Yaitu installer dan Server.

Cydia bisa di bilang adalah versi Opensource dari Appstore, sebab Semua orang telah membuat Aplikasi atau Tweaks dapat mengsubmit dan membagikannya bahkan anda juga bisa menjual Aplikasi dan Tweaks anda di Cydia. Bentuk Aplikasi Cydia ini berbentuk seperti Aplikasi yang ada pada umumnya di Springboar anda dengan warna Coklat tua. dengan icon BOX yang beriisi benda Bentuk kotak.

Cydia sebagai installer, semua Aplikasi yang anda download dari sebuah Source ( Sebuah Alamat yang menyimpan Paket - Paket Aplikasi) bisa langsung terinstall melalui Cydia. ini di sebabkan Karena Cydia menggunakan APT dari Debian sebagai manajemen paketnya (package management). Dan Semua yang terinstall dari di Cydia menggunakan Extensi .Deb. Bila ada pertanyaan tentang Perbedaan Tweaks dan Aplikasi? Tweaks tidak memiliki icon di springboard, sedangkan Aplikasi memiliki icon di Springboard. bisa di bilang Tweks belum tentu Aplikasi tapi Aplikasi sudah pasti Tweaks, sebab Tweaks hanya melengkapi system yang sudah ada. Bahkan Ada beberapa Tweaks yang sama sekali tidak nampak Contoh Appsycn, Pwntune. berbeda dengan ColorKeyboard yang bisa anda Atur melalui Setting. Dan winterboar yang bisa langsung anda akses di Springboar anda.

Cydia Juga merupakan Sebuah Server Yang menyimpan Seluruh SHSH,  makanya ketika Jailbreak baru telah dirilis untuk iOS tertentu, anda sulit untuk mengakses Cydia setelah melakukan jailbreak. ini di sebabkan Server cydia sedan dalam penuh atau di akses oleh banyak User. 

Ketika pertama kali selesai melakukan Jailbreak, dan membuak Cydia maka anda akan di sambut dengan 3 pilihan, Yaitu User, Developer, Hacker. sebaiknya pilih User jika anda tidak mengerti dengan perintah perintah command line, sebab tampilan Developer dan Hacker hanya berisi commands Line. 

Apa saja yang bisa saya lakukan di di Aplikadi Cydia ini? di cydia ada begitu banyak aplikasi dan Tweaks yang bisa anda download baik gratis atau Berbayar untuk memaksimalkan perangkat iOS anda.seperti Theme, Aplikasi, tweaks.

Anda Juga bisa menambah Source dari beberapa Komunitas online yang bertebaran sebagai refrensi untuk mendownload dan menginstall beberap Tweaks dan Aplikasi beserta Theme.

Mungkin Sampai disini saja tentang Cydia. Mungkin di Postingan Berikutnya Saya akan membahas tentang lebih dalam lagi tentang Cydia ini

jshdhahhahahahahaha
EmoticonEmoticon